Sabtu, 10 Maret 2012

Foto-foto Bocah Vietnam Korban Agent Orange

Sebenarnya tadi gue cuma lagi isenk - isenk baca di website manado today sampe akhirnya gue baca satu berita yang buat gue jadi terenyuh, sedih and jadi pengen share di blog. Untuk mengingatkan bahwa banyak orang yang sangat kurang beruntung diluar sana, agar kita bisa lebih mengucap syukur akan hidup yang sekarang ini kita jalani.

Here The Story :


Selama perang Vietnam berlangsung, militer AS menyemprotkan sejenis Herbisida yang populer dengan sebutan Agent Orange (Agen Oranye) untuk menggunduli hutan guna memaksa para gerilyawan keluar dari persembunyiannya.

Helikopter Huey AS saat menyemprotkan Agent Orange di Vietnam (wikipedia)

Asal nama Agent Orange ini diambil dari tong-tong bahan kimia ini yang diberi garis berwarna oranye.
Senyawa dioksin yang terkandung dalam Agent Orange ini sangat beracun. Dimana sejak perang Vietnam berakhir pada tahun 1975, sampai saat ini jumlah bocah Vietnam yang terkena dampaknya masih terus meningkat.

Diketahui, selama perang Vietnam, militer AS telah menyemprotkan 20.000.000 galon bahan kimia ini di Vietnam, Laos dan Kamboja dalam operasi Ranch Hand, yang bertujuan menggundulkan hutan guna menghilangkan perlindungan para gerilyawan.

Anak-anak malang ini lahir dengan cacat lahir dan dapat ditemukan di semua bagian negara tersebut.
Inilah yang membuat fotografer Lam Fei Yik, berusaha menceritakan kenyataan pahit ini lewat gambar-gambar yang diambilnya.






Seorang fotografer Amerika Ed Kashi memenangkan hadiah pertama pada UNICEF “Photo of the Year” dengan mengambil fokus foto seorang gadis Vietnam Agen Oranye dari Da Nang korban Agent Orange (AO). Dalam foto yang bertema “Agent Orange Enduring Legacy”, terlihat  Nguyen Thi Ly bocah perempuan berusia 9 Tahun, berdiri dengan wajah cacat akibat bahan kimia beracun.
“Pencahayaan foto ini sangat baik, bahkan mampu menampilkan sisi gelap, dimana mencerminkan keinginan seorang gadis cacat untuk hidup normal,” kata seorang perwakilan UNICEF.
Pengambilan foto pada Juli 2010 ini, merupakan penggambaran sebuah konsekuensi Perang Vietnam yang berakhir 35 tahun yang lalu.
Vietnam memiliki tiga juta warga yang diperkirakan menjadi korban AO. Lebih dari 7,5 juta liter dari zat kimia penggundul hutan, yang berisi zat DIOXIN yang mematikan, disemprotkan di Vietnam antara 1961 dan 1971 oleh tentara AS. (meiyer)



Oh Tuhan ku, hati ini sedih rasanya... melihat anak - anak gak berdosa yang harus lahir cacat hanya karena perang. Bersyukur saat aku lahir, indonesia sudah lama merdeka, dan gak harus ngalamin hal yang kaya gini.

Thanks God, I'm grateful everyday !!!




Sumber : Website Manado Today

Tidak ada komentar:

Posting Komentar